Pentingnya Fitur Snapshot Pada Cloud!

Kita sering menemukan masalah saat server secara tiba-tiba menjadi hung karena kerusakan dan tidak dapat melakukan booting secara normal yang dapat mengakibatkan kehilangan data-data penting. Artikel berikut akan menjelaskan mengenai metode snapshot.

Apa itu Snapshot?

Snapshot merupakan suatu fitur  untuk mengembalikan kondisi server kita ke kondisi terakhir (save state) sebelum melakukan snapshot. Snapshot dapat dilakukan berkali – berkali, namun harus diperhatikan karena akan “memakan” space hard disk server.  Jadi, snapshot ini bisa dianalogikan sebagai checkpoint pada sebuah Virtualisasi.

Bagaimana dengan kegunaan Snaphot?

Begitu snapshot dibuat, kita bisa mengembalikan kondisi server seperti semula pada saat kita melakukan snapshot. Hal ini sangat berguna sebelum melakukan update/patching pada maintenance server jika terjadi hal yang tidak diinginkan atau jika kita dihadapi dalam kondisi server hung/not responding.

Apakah Snapshot dapat dijadikan sebagai Backup?

Melakukan snapshot tidak dapat dijadikan backup untuk sebuah server karena data snapshot disimpan dalam disk yang sama pada server tersebut. Jadi ingat Snapshot BUKANLAH backup sebenarnya, kita masih memerlukan sistem backup yang sebenarnya.

Untuk mengetahui penjelasan fitur snapshot pada layanan Gio Cloud, silahkan klik link berikut:

http://faq.biznetgiocloud.com/?searchcategory=%25&action=search&search=snapshot&submit=