BYOD: Trend Perusahaan di Masa Depan

 

Seiring dengan perkembangan teknologi dan mobilitas saat ini, trend Bring Your Own Device (BYOD) semakin berkembang dikalangan startup maupun coorporate.  Dengan BYOD, perusahaan memperbolehkan pegawainya untuk memakai device mereka sendiri seperti laptop untuk mengakses data-data internal perusahaan.

byod

Bagi sebagian besar perusahaan melihat trend Bring Your Own Device ini sebagai ancaman. Faktor utamanya tentu security dan privacy perusahaan. Rawan bocor atau tersebarnya data-data karena kesalahan pegawai seperti hilangnya laptop, keacuhan pegawai untuk menerapkan password yang kuat, device mereka disusupi malware, merupakan hal-hal yang patut diperhatikan sebelum menerapkan BYOD.

Kelemahan-kelemahan pada BYOD sebenarnya dapat diminimalisir dengan memberikan edukasi secara terus menerus terhadap pegawainya dan peringatan secara berkala.

Namun banyak juga hal positif yang dapat dipetik perusahaan dengan menerapkan BYOD. Sebuah hasil survey oleh Indonesia Cloud Forum (ICF) menunjukkan hanya 44,2% pegawai lebih senang bekerja di kantor, sisanya menjawab mereka merasa lebih nyaman bekerja di luar kantor dengan persentase terbesar di rumah (39,5%) dan di tempat seperti cafe/mall (16,3%). Pegawai juga bisa bekerja kapan dan dimana saja dengan lebih cepat dan nyaman tanpa perlu melalui perjalanan ke kantor yang jauh dan macet sehingga dapat lebih produktif.

Seperti itulah gambaran mengenai BYOD yang diramalkan akan menjadi trend masa depan, apa kamu setuju bekerja dengan device sendiri akan menambah produktifitas?