Beberapa Jenis Server yang Dapat Mendukung Bisnis

jenis-server

Berkembangnya peran teknologi informasi khususnya dalam berbagai sisi kehidupan sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Di dalam bisnis saat ini, teknologi memegang peranan yang sangat penting untuk membuat berbagai layanan atau fitur yang semakin mendekatkan sebuah produk kepada konsumen. Salah satu hal yang perlu diperhatikan saat menjalankan sebuah bisnis adalah server atau infrastruktur IT. Berikut adalah beberapa jenis server yang dapat mendukung bisnis anda untuk menjadi pemimpin di industry dalam era modern :

Web Server

Saat ini para konsumen semakin banyak yang menggunakan internet untuk mencari barang yang diinginkan. Ditambah dengan algoritma terbaru dari Google yang akan menampilkan website diatas media sosial menjadi alasan penting kenapa para usaha kecil harus mulai membuat website. Selain terlihat lebih profesional dan dapat menjangkau pasar yang lebih luas, memiliki website akan memberikan kepercayaan dan kenyaman oleh para konsumen.

Pastikan anda memilih layanan cloud yang memiliki data center di Indonesia. Kenapa harus di lokal? Karena data center lokal memiliki latency yang kecil sehingga website tersebut menjadi lebih cepat diakses oleh para konsumen.

Database Server

Setelah memiliki website dan bisnis semakin berkembang, maka saatnya membuat server untuk menyimpan semua data pelanggan, data transaksi, hingga data internal. Database server akan membuat kamu lebih mudah mengelola dan mempercepat pencarian data. Dengan memiliki database sendiri, semua data akan lebih terorganisir menjadi satu tempat yang aman dan dapat diakses kapan pun.

Terdapat beberapa jenis database server seperti MySQL, Microsoft SQL Server, hingga Oracle. Masing-masing database server tersebut memiliki keunggulan yang dapat disesuakan dengan kebutuhan bisnis yang dijalankan. Pilihlah layanan cloud yang sudah menggunakan Hard disk SSD untuk mendapatkan  pengalaman pencarian data yang cepat.

File Server

Memiliki banyak file-file yang berhubungan dengan bisnis seperti foto, video, dan dokumen? Buatlah sebuah file server akan mempermudah distribusi berbagai file untuk internal ataupun eksternal.

File server pada umumnya menawarkan sistem keamanan untuk membatasi akses file untuk pengguna atau kelompok tertentu. Pada perusahaan besar biasanya mengimplementasikan file server dengan tambahan OpenLDAP atau Microsoft Active Directory untuk mengatur semua permission dari user-user yang dapat mengakses data tertentu.

Application Server

Seiring dengan berkembangnya kemajuan teknologi, memiliki aplikasi untuk usaha sendiri kini tidak lagi sulit. Beberapa start up berlomba-lomba membangun aplikasi dengan berbagai bentuk layanan yang memudahkan orang. Beberapa tahun lalu kita ingin membeli makanan harus datang ke restoran, saat ini kita hanya perlu membuka aplikasi dan dapat melakukan transaksinya.

Berbeda dengan web server dimana request dan pengiriman respons kembali ke bentuk web browser, application server dapat menyediakan akses ke bisnis logic yang dapat digunakan oleh pelanggan saat menjalankan aplikasi.

Memiiliki sebuah server untuk para pelaku bisnis bukan hal yang sulit di era sekarang ini. Biznet Gio Cloud, menyediakan layanan cloud computing yang dapat menjadi server untuk memenuhi kebutuhan bisnis anda pada saat ini. Butuh bantuan lebih lanjut? Hubungi tim kami melalui live chat 1×24 jam atau klik www.biznetgiocloud.com